PROPOSAL
PENELITIAN
Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh
Mahasiswa Jurusan DIII Manajemen Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta
Disusun: Sevianus Elias Tuhuleruw
(3113311005)
Diajukan
sebagai tugas Mata Kuliah Metode Penelitian
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU TEKNOLOGI dan BISNIS
UNIVERSITAS
TEKNOLOGI YOGYAKARTA
2012
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI……………………………………………i
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah …………………..1
B. Identifikasi masalah…………………………1
C. Pembatasan Masalah………………………1
D. Rumusan Masalah………………………….2
E. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian…………2
F. Manfaat Penelitian…………………………..2
G. Definisi Operasional…………………………3
BAB II : METODOLOGI PENELITIAN….……….4
a. Teknik Analisis Data……………………… .4
b. Populasi dan Sampel Penelitian…………..4
c. Teknik Pengumpulan Data…………………4
d. Desain Penelitian……………………………4
DAFTAR PUSTAKA………………………………..5
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perubahan
paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di
perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan
sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004
mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar,
pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi,
melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam
pembelajaran. Selain sumber belajar
berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi
internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu
pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan
referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat
mempermudah proses studinya.
Penelitian ini ingin
mengetahui sejauh mana mahasiswa Jurusan DIII Manajemen Informatika Universitas
Teknologi Yogyakarta telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber
belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah.
B. Identifikasi masalah
Berdasarkan latar belakang
masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan
pemanfaatan sumber belajar, antara lain : optimalisasi pemanfaatan perpustakaan
sebagai sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di
perpustakaan, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan
sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar.
C. Pembatasan Masalah
Meskipun banyak
permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses
pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa Jurusan DIII
Manajemen Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta.
D. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan
diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah mahasiswa Jurusan DIII Manajemen
Informatika telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
2. Alasan apa yang memotivasi mahasiswa Jurusan
DIII Manajemen Informatika memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3. Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat
mahasiswa Jurusan DIII Manajemen Informatika untuk memanfaatkan internet
sebagai sumber belajar ?
E. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui :
1.
Jumlah mahasiswa Jurusan DIII Manajemen
Informatika yang telah memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar.
2.
Alasan yang memotivasi mahasiswa Jurusan
DIII Manajemen Informatika memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
3. Faktor-faktor
yang mendukung dan menghambat mahasiswa Jurusan DIII Manajemen Informatika memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar.
4.
F.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
a.
Bagi
mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai
sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
b.
Bagi
program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program
kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
c.
Bagi
peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi
sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.
G.
Definisi Operasional
a.
Internet
Adalah jaringan komputer yang mampu
menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk
informasi dapat diakses dari berbagai belahan dunia secara cepat.
b.
Sumber
Belajar
Segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan
oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan
belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan
pembelajaran.
BAB II : Metodologi
Penelitian
a. Desain Penelitian
Penelitian ini
menggunakan desain penelitian survai, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet
sebagai sumber belajar oleh mahasiswa Jurusan DIII Manajemen Informatika
Universitas Teknologi Yogyakarta.
b. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi dan
wilayah generalisasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan DIII Manajemen
Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta yang meliputi mahasiswa angkatan 2008,
2009, 2010, dan 2011. Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling.
c. Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
d. Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul akan dianalisis
secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.
Daftar Pustaka
Anonim. (2005). Sekilas
Perkembangan Internet di Indonesia. www.jurnal-kopertis4.org. diambil 24 Februari 2006.
Arif A
Mangkoesapoetro. (2004). Pemanfaatan Media Massa Sebagai Sumber Pembelajaran IPS
Di Tingkat Persekolahan. (http://artikel.us/mangkoes6-04-2.html). diambil 27 Februari 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar